Membuat Pasport Anak

Ketentuan saat ini jika membawa anak berpergian ke Luar Neger harus mempunyai pasport sendiri. Tidak ada batasan usia, mulai anak lahir kedunia bisa dibuatkan pasport nya.

Hal yang pertama dilakukan datang ke Kantor Imigrasi di Kota terdekat. Kemudian membeli formulir pengajuan pasport. Kebetulan di kota ku, Kota Malang, formulir dijual dengan harga 8.000 rupiah. Formulir yang dibeli berupa selembar kertas biodata, dan selembar surat pernyataan. Untuk anak-anak surat pernyataannya berupa surat pernyataan orang tua bermaterai.

Untuk kelengkapan surat-surat penunjang yaitu selembar fotocopian Akte kelahiran anak, KTP orang tua, Pasport orang tua, Surat Nikah orang tua, dan Kartu keluarga. Dan jangan lupa membawa asliannya.

Alurnya, setelah membeli formulir dan mengisinya, melengkapi dengan surat-surat penunjang kemudian ke meja customer service untuk dicek kelengkapannya dan setelah itu diberi nomor antrian untuk memasukan permohonan.  Setelah dipanggil dan dimasukkan ke loket permohonan, kita akan diberi surat panggilan untuk melakukan pembayaran dan foto, dua hari sesudahnya.

Dua hari kemudian kita datang lagi ke Kantor Imigrasi dan mengambil nomor antrian untuk pembayaran, foto, dan wawancara. Biasa nya memerlukan waktu seharian untuk melakukan 3 hal tersebut. Untuk biaya pembuatan pasport baru / pergantian, untuk dewasa maupun anak-anak sama yaitu 255.000 rupiah.

Empat hari kemudian kita kembali untuk mengambil pasport yang sudah jadi. Dan sekali lagi kita harus antri untuk itu. Untuk jam pengambilan pasport di Kantor Imigrasi Malang dijadwalkan jam 1 siang keatas.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s